Tips Sukses Menjadi Influencer

Pastinya banyak orang yang sudah tak asing lagi bila mendengar kata influencer. Bahkan, tak sedikit masyarakat apalagi kalangan millenial yang memiliki lebih dari satu influencer favorit dan dijadikan sebagai panutan tren gaya hidup. Misalnya saja, dari gaya berpakaian, hijab, rambut, makeup, dan sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan, karena setiap influencer mampu menarik perhatian pengguna sosial media dengan mengulas produk-produk yang digunakan melalui postingan video, foto dan caption. Hingga akhirnya, banyak brand-brand yang memanfaatkan para influencer sebagai media promosi untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak pengguna sosial media, terutama followers para influencer.

Seringnya mendapat tawaran promosi produk membuat influencer semakin terkenal dan mendapat banyak uang, kini influencer sudah menjadi sebuah profesi yang digilai para millenial. Banyak millenial yang mencoba menunjukkan kemampuannya dalam menampilkan foto atau video yang menarik dengan tujuan agar mereka juga bernasib sama seperti influencer terkenal lainnya.
Namun sayangnya, usaha mereka banyak yang belum berhasil, sehingga kondisi seperti ini dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan manajemen influencer yang menawarkan jasa bisa mengantarkan klien menjadi influencer secara instan, artinya cepat terkenal dan mendapat banyak tawaran bekerja sama dengan brand-brand. Akan tetapi, klien harus memenuhi persyaratan dengan mentransfer sejumlah uang sebagai biaya pendaftaran. Waspadalah, itu bisa saja salah satu aksi penipuan yang hanya menginginkan uangmu.

Menjadi sosok influencer terkenal dan sukses tidak bisa digapai secara instan. Sekalipun ada beberapa influencer terkenal yang gabung dengan sebuah manajemen resmi seperti Aidoru, Socia Buzz, Beautynesia, Goviral, Getcraft dan sebagainya, pastinya mereka harus mengikuti beberapa tahapan penyeleksian.

Janganlah putus asa, berikut ini ada enam tips sukses menjadi influencer terkenal dari nol yang mungkin saja bisa millenial terapkan mulai dari sekarang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

1. Tentukan Brand Diri Sendiri
Tahap awal yang benar-benar harus diperhatikan untuk menjadi influencer terkenal yang sanagat berpengaruh terhadap khalayak pengguna media sosial adalah menentukan brand diri sendiri yang nantinya akan kamu tampilkan pada profil di media sosial.
Apakah kamu memiliki ketertarikan dan menguasai dibidang musik, fashion, make up, kesehatan dan sebagainya? Pada tahapan ini bukan hanya sebagai bentuk identitasmu sebagai influencer, tapi brand diri kamu sangat berkaitan dengan kriteria followersmu. Misalnya, bila kamu tertarik dengan fashion dan sering membagikan ulasan tentang fashion, maka followers kamu akan dipenuhi dengan orang-orang yang suka fashion.

2. Buat Konten yang Menarik di Media Sosial

Bila brand atau identitas diri sudah kamu tentukan, saatnya mulailah dengan membuat konten yang menarik di berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube. Hal ini perlu dilakukan untuk menjangkau followersmu lebih luas lagi.
Konten yang menarik itu, bisa saja dengan selalu berbagi ulasan positif yang tentunya berkaitan erat dengan brandmu. Bila brand yang dipilih make up, artinya kamu harus secara rutin berbagi ulasan seputar make upjuga. Misalnya, tips daily make up, produk-produk make up yang sesuai dengan jenis kulit dan masih banyak lagi.
Teruslah asah kreativitas dengan memunculkan ide yang menarik, agar konten yang disuguhkan bisa bervariasi, sehingga followers tidak bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.

3. Kualitas Foto dan Video Harus Instagrammable

Konten yang diunggah dalam bentuk foto atau video janganlah sembarangan tanpa memperhatikan kualitasnya. Istilahnya sekarang ini yang sedang booming ialah foto atau video harus instagrammable. Pada foto yang akan diunggah harus perhatikan kejernihan, kejelasan. Sebelum itu, sebaiknya ketahui dulu angle terbaikmu agar hasil foto bisa bagus.
Sementara pada video, ada sedikit perbedaan. Pada facebook, twitter dan Instagram, usahakan video ulasan yang mau diunggah tidak berdurasi panjang, yaitu cukup dengan 1 menit. Artinya, video tersebut harus mencangkup inti dari semuanya. Pada Youtube, kamu dipersilahkan untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih lama, tapi tetap perhatikan isi kontennya.
Agar kualitas foto dan video terlihat instagrammable, pilihlah spot atau background foto atau video yang unik, menarik, dan bagus. Misalnya sebuah kafe, taman, studio kecil dengan tambahan perlengkapan dan sebagainya. Selain itu, gunakan juga aplikasi editor kekinikan untuk membuat hasil foto dan video semakin instagrammable.

4. Atur Feed Instagram jadi Menarik

Mengatur tampilan atau feed Facebook, Twitter, Youtuber memang terlihat lebih mudah, ketimbang Instagram. Hal ini dikarenakan, Instagram lebih dulu menampilkan foto-foto dan video yang diunggah, ketika di klik salah satu foto atau video tersebut, barulah bisa melihat isi captionnya.
Bila pada foto dan video yang diunggah berantakan atau tidak selaras atau tidak disusun dengan baik, maka feed Instagram akan terlihat tidak menarik dimata followers tentunya. Mulainya dari sekarang untuk membuat feed Instagram menjadi menarik. Kamu bisa melihat instagram dari berbagai influencer terkenal lainnya untuk dijadikan sebagai bahan refrensi. Dengan begitu, kamu akan mudah mengatur feed Instagram.
5. Sering Datang ke Event

Bila saat ini akun instagrammu sudah terlihat bagus dan dikelola dengan baik, tak ada salahnya untuk sering datang ke berbagai event yang sesuai dengan brand atau kontenmu. Misalnya, kamu menyukai dunia fashion datang ke event fashion, kamu menyukai make up maka datang ke event brand-brand make up, kamu menyukai dunia musik maka datang ke konser-konser dan sebagainya.
Hal tersebut tentu akan berdampak sangat positif buat kamu yang ingin menjadi influencer. Selain untuk memperluas wawasan dan jaringan pertemanan, di event kamu bisa sekaligus berkesempatan memperkenalkan diri kamu ke brand-brand tersebut. Tampilah dengan percaya diri, agar kamu bisa terlihat menarik dimata brand yang hadir di event.

6. Sering Berinteraksi dengan Followers di Media Sosial

Yang menjadikan influencer semakin terkenal itu tak hanya mereka cerdas dalam menyuguhkan konten yang menarik saja, tapi influencer juga harus merangkul followersnya dengan saling berinteraksi, baik itu di kolom komentar atau memanfaatkan fitur story di Instagram atau Facebook.
Kamu bisa memulainya dengan menyapa follower, berbagi pengalaman menarik, membuat QnA dan masih banyak lagi. Dengan begitu, nama kamu akan semakin melekat di hati mereka dan bisa saja namamu akan disebarluaskan lagi ke teman, kerabat, sehingga kamu bisa dikenal lebih banyak orang lagi.

Konsisten akan Membuahkan Hasil Bagus
Menjadi influencer yang terkenal dan sukses memang butuh proses yang sangat panjang. Sebab, untuk memperkanalkan diri kamu ke khalayak banyak tidak bisa dilakukan dengan cepat. Akan tetapi, bila semua proses dilakukan secara konsisten, maka keinginan kamu menjadi Influencer tentu bisa digapai. Intinya, millenial haruslah bersabar, terus berusaha dan jangan menyerah untuk mengasah kreativitasmu dalam menyuguhkan konten-konten yang menarik pada media sosialmu.

Buff Media indonesia

Tiada Kesan Tanpa Komentar Anda, Silahkan tinggalkan komentar dibawah ^.^

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

Email anda tidak akan dipublish: Tanda * berarti harus di isi